Sabtu, 04 Agustus 2012

"MULTIMEDIA : Dampak Positif dan Dampak Negatif"


E
2PROGRAM PASCASARJANA - MAGISTER PENDIDIKAN
 “TEKNOLOGI PEMBELAJARAN” STKIP- GARUT
 ENGLISH EXPLORE
 “HOW TO PLAY THE ENGLISH BEAUTIFULLY”
  Website : asepmrbrows03sr@gmail.com,asep sofyarr.facebook and g+Asep Sofyar R,Google+


MULTIMEDIA : Dampak Positif dan Dampak Negatif


I.   PENDAHULUAN
Sejarah dan definisi dari Multimedia
Sejarah Multimedia
Suyanto (2003 : 19) menyatakan bahwa istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an, sejak permulaan tersebut hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.

Definisi Multimedia

Dalam industri elektronika menurut Suyanto (2003 : 20), Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)

Menurut IBM, multimedia adalah gabungan video, audio, grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks atau menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (dalam http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia2.pdf).

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang
berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer
mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah
kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software
Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry
Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu

II.  MANFA”AT DARI MULTIMEDIA
Manfaat Website Sekolah bagi Siswa
Melihat informasi informasi terbaru dari sekolah 
Mengakses Materi materi pelajaran yang ada disekolah dan tak terbatas
Belajar Tes Pengerjaan Soal soal pelajaran untuk mengasah kemampuan
Mempunyai tempat untuk Menyalurkan kreasi di web sekolah
Mungkin hanya sekelumit tentang manfaat website sekolah yang tertuang di artikel ini, 
untuk pembaca yang mau melihat contoh website sekolah 

Manfaat website sekolah untuk Tenaga pendidik
Sekolah mempunyai data data profil siswa yang akurat
Membantu sisswa dalam berkreasi
menampilkan profil sekolah yang uptudate
Terjalinnya Interaksi antar siswa Guru dan siswa yang tidak terbatas dengan ruang dan waktu
Mengenalkan Profil sekolah secara umum bahkan dunia
Menyediakan sarana belajar bagi siwa yang tidak terbatas dengan ruang dan waktu

Manfaat Web Sekolah Bagi Masyarakat
Masyarakat Bisa mengakses data data tentang sekolah tanpa harus datang ke sekolah
Melihat perkembangan kemajuan sekolah
Mengamati kegiatan kegiatan sekolah
Bisa di jadikan referensi dan rujukan untuk memilih sekolah yang benar benar berkualitas

III. DAMPAK DARI MULTIMEDIA
Indikasi rendahnya minat baca bermula ketika televisi swasta mengudara di Tanah Air pada awal 90-an. Namun, satu dekade kemudian telah menjamur berbagai stasiun televise swata yang menyuguhkan berbagai macam tayangan. Padahal, pada mulanya hanya ada satu stasiun televisi milik pemerintah. Itupun dengan komposisi tayangan yang sangat terbatas. Dulu, aktivitas rumah tangga khususnya anak-anak, diwarnai dengan membaca buku atau permainan yang mengandalkan fisik. Ironisnya, sekarang kehidupan manusia tidak bisa lepas dari televisi dan teknologi informasi lainnya[4].

Daya tarik berbagai teknologi multimedia saat ini mengakibatkan jarangnya interaksi dangan bahan bacaan karena mereka terlalu asik dengan berbagai alat multimedia yang bisa mengurangi intensitas membaca buku.
Terlalu sering berada di depan media elektronik juga memberi dampak negatif bagi kesehatan. Dampak buruk akibat terlalu banyak menonton TV disampaikan oleh Ian Morgan dari the Australian National University Canberra. Hasil analisa 40 kasus, faktor terlalu banyak menonton TV merupakan sebuah hal yang patut disalahkan karena mengurangi daya lihat mata[5].

Sedangkan penggunaan laptop berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Boston, terungkap sekitar 50 persen mahasiswa pengguna laptop kerap mengeluhkan rasa nyeri setelah menggunakan komputer selama satu jam. Penelitian dilakukan terhadap 18 juta mahasiswa pada tahun 2008[6]. Sehingga lebih aman bagi kesehatan ketika kita membaca buku dari pada membaca sebuah bacaan di media elektronik.
Dampak negatif lain dengan adanya berbagai alat multimedia, masyarakat terutama pelajar terlalu sibuk mengakses media internet dan alat-alat media komunikasi dan elektronik adalah asyik sendiri sehingga

Sumber Buku : Diambil dari berbagai macam sumber dari Internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar